Pengalaman luar biasa

Anda pernah mengalami hal-hal luarbiasa dalam hidup Anda? Pengalaman itu benar-benar sangat berbeda dengan pengalaman Anda biasanya. Anda seperti berubah menjadi orang lain saat itu. Kadang, Anda seolah-olah berada di dunia yang berbeda.

Pengalaman luarbiasa tidak ekslusif. Banyak orang mengalaminya. Mungkin, Anda juga. Anda bisa mengalami pengalaman luarbiasa hampir dalam segala aspek dalam kehidupan. Misalnya saat jatuh cinta, Anda merasakan dunia yang luar biasa yang sangat berbeda dengan biasanya. Lalu saat membaca sebuah buku atau menonton film dimana Anda begitu terlarut di dalamnya. Seolah-olah Anda merupakan bagian ceritanya. Atau saat Anda menemukan ide kreatif yang mengejutkan Anda sendiri bahwa Anda bisa.

Salah satu pengalaman luarbiasa yang sering dilaporkan orang adalah peningkatan performa. Biasanya performanya biasa-biasa saja, tiba-tiba menjadi sangat luarbiasa. Misalnya saat Anda tiba-tiba bisa bermain sepakbola luarbiasa dan tak kenal lelah padahal biasanya bermain 10 menit sudah ngos-ngosan. Begitu juga Anda bisa menulis karya hebat, mencipta musik fenomena, dan karya seni agung pada saat Anda mengalami pengalaman luarbiasa itu. Dalam kondisi normal, Anda tidak mampu melakukannya.

Pengalaman luarbiasa diatas masih merupakan pengalaman pada hal-hal yang normal. Namun mungkin Anda juga pernah mengalami pengalaman luarbiasa seperti melihat hantu, bermimpi gempa ternyata ada gempa sungguhan, mengatakan akan ada yang datang dan tiba-tiba betul ada yang datang, atau yang lainnya. Pengalaman luar biasa itu sesuatu yang tidak normal. Berikut adalah pengalaman-pengalaman luarbiasa tidak normal yang sering dilaporkan orang.

1. Mengaku melihat hantu dan bahkan mampu menggambarkan bentuk rupa hantu dalam lukisan.
2. Merasa akan bertemuseseorang dari masa lalu, ternyata betul-betul bertemu dengan teman saat sekolah dasar.
3. Mimpi terjadinya sesuatu, dan ternyata hal itu benar-benar terjadi
4. Tanpa tahu mengapa sangat terdorong untuk membatalkan kepergian naik alat tranportasi tertentu, dan ternyata alat tranportasi itu mengalami kecelakaan.
5. Menyembuhkan orang dari jarak jauh
6. Mampu membengkokkan sendok dengan pikiran dan mampu meramalkan headlines berita suratkabar (Dedi Corbuzier)
7. Ada yang mati suri, dan ketika hidup lagi mengaku telah mengalami alam kematian.

Fenomena luarbiasa yang banyak dialami orang itu, mungkin termasuk Anda, disebut fenomena paranormal atau fenomena psi. Inilah yang akan dibahas dalam buku ini. Bagaimanapun, pengalaman luarbiasa itu merupakan bagian dari pengalaman psikologis manusia. Oleh sebab itu, fenomena paranormal juga perlu diketengahkan. Dalam ilmu psikologi ada juga cabang tersendiri yang khusus mempelajari fenomena paranormal, yakni parapsikologi.