Oleh Achmanto Mendatu
-
Sudah lumrah ada anak yang berhasil mencapai prestasi yang baik di sekolah dan ada yang tidak. Sebagian anak selalu memperoleh nilai-nilai yang tinggi untuk berbagai mata pelajaran di sekolah. Sebaliknya, sebagian yang lain selalu mendapat nilai-nilai yang rendah. Nah, mereka yang mendapat nilai rendah biasanya selalu dianggap sebagai anak bodoh. Prestasi yang rendah itu semata-matra dianggap karena kebodohan sang anak.
Perhatikan fakta berikut : 30% anak yang mencapai prestasi rendah di sekolah adalah karena mengalami masalah emosional dan sosial. Artinya, tidak benar bahwa anak yang berprestasi rendah selalu diakibatkan karena bodoh. Berikut beberapa sebab yang bisa menimbulkan prestasi rendah di sekolah :
-
Sudah lumrah ada anak yang berhasil mencapai prestasi yang baik di sekolah dan ada yang tidak. Sebagian anak selalu memperoleh nilai-nilai yang tinggi untuk berbagai mata pelajaran di sekolah. Sebaliknya, sebagian yang lain selalu mendapat nilai-nilai yang rendah. Nah, mereka yang mendapat nilai rendah biasanya selalu dianggap sebagai anak bodoh. Prestasi yang rendah itu semata-matra dianggap karena kebodohan sang anak.
Perhatikan fakta berikut : 30% anak yang mencapai prestasi rendah di sekolah adalah karena mengalami masalah emosional dan sosial. Artinya, tidak benar bahwa anak yang berprestasi rendah selalu diakibatkan karena bodoh. Berikut beberapa sebab yang bisa menimbulkan prestasi rendah di sekolah :
- Ketakutan akan gagal yang sangat berlebihan sehingga menghambat keluarnya kemampuan intelektual seorang anak secara maksimal.
- Kurangnya fasilitas belajar dalam arti luas, baik di sekolah maupun dirumah.
- Kurangnya stimulasi mental oleh orangtua dirumah dimana orangtua tidak mengerti cara-cara untuk mendorong agar anaknya lebih berhasil.
- Keadaan gizi yang kurang memadai yang mengakibatkan kemampuan untuk menggunakan otak secara maksimal lebih rendah