Mengenal Karir

Oleh Achmanto Mendatu
-
Umumnya orang beranggapan bahwa yang dimaksud karir adalah pekerjaan yang memiliki kemungkinan untuk terus merambat naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. Anda dikatakan mengalami karir mandek jika peluang untuk naik ke jenjang jabatan yang lebih tinggi telah tertutup bagi Anda.

Zaman berubah. Karir juga berubah. Karir pada masa sekarang ini adalah segala macam bentuk tindakan seseorang yang memberikan orang tersebut penghidupan. Jika Anda hidup dari melukis maka karir Anda adalah sebagai pelukis. Jika Anda hidup sebagai pedagang keliling, maka karir Anda adalah sebagai pedagang keliling. Jika Anda hidup dari usaha Anda bertani, maka karir Anda adalah sebagai petani.

Ada satu hal yang relatif tetap dari definisi karir, yakni adanya kemungkinan meningkatkan. Artinya, Anda dikatakan sedang berkarir atau tidak justru terletak pada diri Anda. Jika Anda memiliki orientasi meningkatkan teknik melukis Anda, jika Anda memiliki mimpi menjadi pedagang yang lebih sukses, jika Anda memiliki cita-cita menjadi petani yang lebih makmur, maka Anda sedang berkarir. Jika Anda tidak memiliki orientasi masa depan yang lebih baik, maka Anda tidak sedang berkarir.

Jadi intinya, bekerjalah apapun yang menghidupi Anda dan milikilah orientasi masa depan yang lebih baik dari usaha Anda itu, maka Anda adalah manusia karir.