Penyingkapan diri pada si dia

Oleh Achmanto Mendatu

Seberapa dekatkah diri anda dengan kekasih anda saat ini? Cukup dekatkah, atau jauh? Bagaimana anda mengetahui bahwa diri anda merasa dekat atau jauh dengannya? Penyingkapan diri merupakan konsep yang menjawab pertanyaan itu. Penyingkapan diri adalah kegiatan membagi perasaan dan informasi yang akrab pada orang lain (Sears, Freedman & Peplau, 1999). Seberapa dalam cinta yang terdapat dalam suatu hubungan asmara bisa diketahui dari seberapa banyak masing-masing pihak menyingkapkan perasaan dan informasi tentang diri pada pasangan. Semakin banyak dan dalam yang disingkapkan antar pasangan, hubungan itu bisa dinilai semakin mendalam. Mereka yang menyingkapkan diri lebih banyak pada umumnya memiliki hubungan yang lebih bertahan lama dan lebih memuaskan.

Anda tentu tidak akan merasa dekat bila pasangan anda menyimpan begitu banyak rahasia pada anda dan bila hanya sedikit kisah hidupnya yang diceritakan pada anda. Sebaliknya bila pasangan anda menyingkapkan diri dan berbagi berbagai rahasia dengan intim pada anda, maka anda mungkin akan merasa bahwa anda dan pasangan anda cukup dekat. Ada kecenderungan begitu seseorang mencintai maka berkecenderungan untuk ingin menyingkapkan diri seluas-luasnya pada yang di cintai.

Penyingkapan diri berjalan pada prinsip resiprositas. Kita akan cenderung menyingkapkan diri sebanyak yang orang lain singkapkan pada kita. Bila kita terlalu banyak menyingkapkan diri sementara seseorang hanya sedikit menyingkapkan diri, maka seseorang itu akan cenderung untuk menarik diri dari hubungan. Kesetaraan penyingkapan diri adalah penting untuk membangkitkan rasa suka. Artinya bila anda jatuh cinta pada seseorang, anda tidak boleh menyingkapkan diri terlalu banyak padanya. Meskipun anda ingin. Anda harus mengungkapkan sebanyak yang dia singkapkan pada anda. Atau kalaupun anda menyingkapkan diri lebih banyak, jangan sampai terlalu jauh selisihnya dengan penyingkapan dirinya.
Seberapa besar keinginan anda untuk menyingkapkan diri?

Pernyataan-pernyataan berikut adalah apa-apa yang bisa disingkapkan pada orang lain. Baca dan cek dengan yang anda lakukan. Mintalah juga orang lain, bisa teman anda, kekasih anda, atau siapapun yang anda kenal untuk mengisi kuis ini mengenai diri anda. Gunakan skala berikut:

1. Pasti diungkapkan
2. Mungkin diungkapkan
3. Tidak tahu
4. Mungkin tidak diungkapkan
5. Pasti tidak diungkapkan

--------- 1. Sikap saya terhadap orang dengan ras, etnik yang berbeda.
----------2. Perasaan saya terhadap orangtua saya
----------3. Fantasi seksual saya
----------4. Momen yang paling menekan atau memalukan bagi saya.
----------5. Pasangan intim ideal saya
----------6. Perilaku minum(minuman keras) dan atau kecanduan obat adiktif saya
----------7. Tujuan pribadi saya
----------8. Dorongan saya yang tidak terpenuhi
----------9. Kelemahan utama saya
--------.10. Perasaan saya tentang orang-orang dalam kelompok saya.

Skoring: tidak ada jawaban benar atau salah disini. Tujuan utama dari kuis ini adalah menstimulasi anda untuk berpikir tentang apa yang anda singkapkan dan apa yang tidak anda singkapkan pada orang lain. Anda mungkin akan mendapat manfaat besar dengan membandingkan hasil kuis ini pada teman atau kekasih anda. (dikutip dari DeVito, 1995).