Reinkarnasi

Reinkarnasi adalah bentuk kehidupan dimana jiwa manusia atau beberapa aspek dari diri seseorang yang telah mati terlahir kembali dalam tubuh baru. Hal tersebut diulang terus menerus dalam kehidupan. Jadi, ada kehidupan berikutnya sesudah mati.

Barangkali reinkarnasi adalah konsep dalam psi yang paling kontroversial. Lagi-lagi, banyak ilmuwan meragukan keberadaannya. Meskipun demikian, kasus tentang reinkarnasi terus dilaporkan orang sejak dulu kala hingga hari ini.

Pada agama tertentu, konsep reinkarnasi bahkan menjadi salah satu pilar ajaran. Diajarkan misalnya jika menjalani kehidupan yang salah pada kehidupan sekarang ini, maka pada kehidupan berikutnya, jiwa bisa ber-reinkarnasi dalam tubuh binatang. Hanya jika menjalani kehidupan yang benar pada saat hidup sajalah, maka jiwa akan ber-reinkarnasi dalam tubuh manusia. Dan jika dan hanya jika, orang menjalani kehidupan yang sempurna sajalah, jiwanya akan terbebas dari siklus reinkarnasi. Mereka akan kembali ke nirwana atau ke asal mula kehidupan, yang disebut atman.

Agak sulit memang untuk membuktikan apakah seseorang yang mengaku merupakan reinkarnasi dari orang yang telah hidup sebelumnya benar-benar karena reinkarnasi. Ada beberapa kasus reinkarnasi yang dilaporkan, ternyata kemudian diketahui hanyalah tipuan belaka. Boleh dibilang, metode satu-satunya yang paling bisa diAndalkan untuk mengetahuinya adalah dengan menghipnotisnya. Subjek dihipnotis agar mengalami regresi ke kehidupan sebelumnya. Jika memang benar ada kehidupan sebelumnya, mungkin bisa diketahui bentuk kehidupannya serupa apa.

Terkadang memang tampak ada hubungan yang mengherankan dari orang yang mengaku diri merupakan reinkarnasi. Misalnya saja sebuah kasus dimana seorang anak, yang jelas-jelas belum pernah pergi kesuatu tempat, bisa menceritakan tempat tersebut dan orang-orang yang ada disana. Sepertinya itu membuktikan, bahwa sang anak adalah reinkarnasi dari orang yang pernah hidup di tempat tersebut. Namun, harus hati-hati dalam menyimpulkan. Bisa saja, sang anak hanya memiliki kemampuan clairvoyance, yang mampu melihat kejadian-kejadian dimasa lalu, bukan reinkarnasi.