Prasangka seks dan gender

Oleh Achmanto Mendatu

Apa yang anda pikirkan tentang seorang janda kembang cantik yang baru bercerai dengan suaminya? Ada macam-macam pikiran yang muncul tentang sang janda kembang. Beberapa pikiran menunjukkan prasangka padanya. Misalnya beberapa orang berpikir sang janda akan menjadi penggoda bagi laki-laki di lingkungan sekitar. Beberapa yang lain berpikir sang janda akan merusak moral anak muda di sekitarnya karena sang janda akan memuaskan nafsu seksualnya dengan menggoda anak-anak muda itu. Lalu, untuk menghidupi dirinya, ia akan menjual diri. Pendeknya, macam-macam saja prasangka yang akan dihadapi sang janda.
-
Sungguh tidak beruntung mereka yang janda, masih muda, dan cantik pula. Mereka banyak mendapatkan diskriminasi. Para suami dilarang bergaul dengan janda sebab istri-istri takut suaminya tergoda. Begitupun beberapa pekerjaan jarang diberikan kepada janda, misalnya pengasuh anak dan pembantu rumah tangga, karena para istri khawatir suaminya dekat dengan sang janda. Status janda juga menyebabkan lebih banyak digoda orang. Ada saja yang melemparkan siulan atau kerlingan mata nakal. Tidak lain, semua itu karena prasangka kepada janda, bahwa mereka adalah perempuan gampangan. Sungguh tidak mudah menjadi janda untuk bebas dari prasangka.
-
Prasangka kepada janda merupakan salah satu jenis prasangka gender. Prasangka ini sangat luas mewabah dalam masyarakat. Termasuk dalam prasangka jenis ini adalah prasangka tentang adanya perbedaan kualitas dan kemampuan antara pria dan wanita. Misalnya, perempuan tidak mampu menjadi pemimpin. Perempuan suka memfitnah. Tidak ada laki-laki setia. Laki-laki pasti ‘buaya’. Perempuan lebih pandai berbohong. Laki-laki menyukai tantangan. Laki-laki pasti penuh tanggungjawab, dan sebagainya.
-
Prasangka yang terkait dengan seksualitas juga sangat banyak. Misalnya, mereka yang memiliki bokong besar dianggap pasti hebat di atas tempat tidur. Perempuan yang berambut ikal dan berkumis dikatakan memiliki nafsu seksual yang besar. Kemaluan laki-laki bisa dilihat dari besarnya jempol kaki kiri yang dimiliki. Ukuran vagina mirip dengan ukuran bibir. Orang Arab memiliki, maaf, penis besar. Orang Madura memiliki ramuan rahasia yang membuat kaum perempuannya sangat memuaskan ketika berhubungan seksual, dan sebagainya.