Hipnotis

Hipnotis adalah suatu keadaan semacam tidur namun masih dapat memberikan perhatian pada suatu hal dan sangat mudah disugesti. Orang yang ahli bisa menghipnotis orang lain, sebagaimana sering ditunjukkan dalam pertunjukan di televisi oleh Tomy Rafael atau Dedy Corbuzier. Dengan teknik tertentu, mereka bisa mensugesti seseorang untuk bertindak sesuatu, tanpa orang itu sendiri menyadari apa yang dilakukannya. Hipnotis terkadang juga dilakukan oleh ahli terapi psikoanalisa untuk menyembuhkan pasien gangguan jiwa.

Diketahui bahwasanya dalam kondisi hipnotis bisa terjadi fenomena persepsi ekstra sensorik atau indera keenam. Dalam eksperimen di laboratorium, mereka yang dihipnotis memiliki performa lebih baik dalam tes uji clairvoyance, telepati mapun perkognisi. Mengapa hal tersebut terjadi masih belum jelas hingga saat ini. Namun, mungkin saja dalam kondisi terhipnotis, seseorang sedang dalam keadaan sangat relaks atau santai sehingga lebih mungkin memunculkan psi. Selain itu, dalam kondisi hipnotis, seseorang lebih sedikit mengalami gangguan dari pikiran atau dari sensasi fisik yang datang. Orang yang terhipnotis juga sangat mudah disugesti. Jadi, mereka bisa didorong untuk percaya diri akan kemampuan psinya dan menghilangkan ketakutan (diketahui bahwa rasa takut dalam kondisi normal akan menganggu kemampuan indera keenam).

Jadi, baik faktor fisiologis maupun psikologis ikut berperan menambah performa mereka dalam tes uji indera keenam. Bisa karena dalam kondisi sangat relaks atau sangat santai, dan atau karena disugesti oleh penghipnotis