Kondisi kesadaran berubah

Kondisi kesadaran berubah atau disebut altered states of consiousness dalam bahasa inggris, adalah kondisi yang oleh para ahli disebut sebagai keadaan dimana kekuatan psi mungkin bekerja jauh lebih baik. Kondisi kesadaran berubah mencakup bermimpi, hipnosis, trans (trance), meditasi, hipnagogik, dan lainnya.

Bermimpi, Anda tahu, adalah keadaan dimana Anda hanya memiliki sangat sedikit perhatian terhadap dunia luar. Terkadang, ada orang yang mengklaim mengalami mimpi-mimpi berupa prekognisi atau peramalan akan masa depan. Kadangkala, ada juga yang merasa melihat sesuatu yang tidak pernah dilihatnya. Ternyata, itu adalah bangunan kuno di dalam tanah yang belum digali.

Keadaan hipnagogik, atau disebut juga hipnopompik, adalah keadaan peralihan dari kedaan jaga ke keadaan tidur. Dalam kondisi itu, seseorang mulai menurun kesadarannya akan dunia luar. Tubuhnya mulai relaks. Kondisi ini bisa membuat seseorang lebih mampu mengalami psi.

Meditasi adalah istilah untuk teknik mencapai keadaan kesadaran berubah melalui berbagai teknik. Meditasi menghasilkan kondisi yang relaks dan perasaan damai. Dalam kondisi tersebut, kemampuan psi seseorang bisa muncul. Salah satu teknik meditasi, yakni yoga, dipercaya merupakan teknik yang bermanfaat untuk bisa mengalami fenomena psi.