Kepribadian suka berfantasi

Tidak mudah untuk bisa mengklaim hal luar biasa yang Anda alami sebagai fenomena psi. Perlu sangat berhati-hati sebelum mengambil kesimpulan. Bisa saja yang Anda alami sebenarnya bukan fenomena psi sama sekali. Ada beberapa hal yang sebenarnya fenomena normal biasa lantas dianggap sebagai fenomena psi karena ketidaktahuan.

Meskipun tidak banyak jumlahnya, ada orang-orang yang memiliki kecenderungan berfantasi sangat tinggi. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk berfantasi. Tidak sekedar fantasi biasa, mereka bahkan merasa benar-benar bisa melihat, membaui dan menyentuh apa yang difantasikan. Seolah-olah fantasinya benar-benar nyata baginya. Mereka cenderung berhalusinasi, mudah dihipnotis, memiliki ingatan mendetail mengenai pengalaman hidup mereka. Tidak mengherankan jika mereka juga cenderung melaporkan mengalami peristiwa parapsikologi atau psi.

Selain itu, halusinasi juga sering dilaporkan sebagai gejala psi. Halusinasi adalah pengalaman yang dicirikan kehadiran sebuah objek yang menyebabkan suatu peristiwa terjadi, namun secara nyata objek itu tidak ada. Nah, boleh jadi seseorang akan mengklaim benar-benar menghadapi suatu penampakan tertentu, padahal sebenarnya hal tersebut hanya halusinasi.