Paranormal palsu

Anda datang menemui praktisi paranormal untuk tahu masa depan Anda. Maka, yang akan dilakukannya pertama kali adalah melakukan ‘pembacaan’ terhadap Anda. Ia akan mencoba menelisik diri Anda. Sebaliknya, Anda juga berupaya untuk mencari tahu apakah orang itu benar-benar paranormal atau hanya penipu atau dukun klenik biasa.

Umumnya masyarakat mempercayai adanya orang-orang yang menipu orang lain dengan mengaku-aku sebagai paranormal. Bahkan, mereka yang sangat skeptik, mengklaim bahwa semua praktisi paranormal adalah penipu.

Anda bisa mendeteksi paranormal palsu. Biasanya paranormal palsu mendapatkan informasi dari Anda melalui penampakan-penampakan yang Anda tampilkan dan melalui teknik interview yang brilyan. Mereka bisa menarik kesimpulan dari beragam tanda-tanda yang ada pada Anda, dan dikombinasikan dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliknya.

Paranormal palsu memberikan perhatian pada detail penampakan klien dan perilakunya (berat tubuh, bahasa tubuh, postur, pakaian dan perhiasan yang dikenakan, gaya bicara, pilihan kata yang digunakan, dan sebagainya). Dari hal-hal tersebut, paranormal palsu bisa mengambil kesimpulan tentang status sosial ekonomi, gaya hidup, dan sifat kepribadian. Paranormal juga tahu dari pengalaman, bahwa mereka yang datang ke paranormal biasanya karena bermasalah diseputar pekerjaan, keuangan, kesehatan maupun hubungan dengan orang lain. Mereka akan mengajak Anda berbicara (sebuah interview terselubung) sembari memperhatikan segala tingkah laku Anda.

Dari data-data yang diperolehnya tentang Anda, paranormal palsu akan membuat kesimpulan tentang Anda. Kesimpulan itu sendiri, sebenarnya kesimpulan umum, yang bisa digeneralisasikan juga untuk orang lain. Namun, Anda bisa terperangah, terkejut dan kagum dengan ketepatan yang dibuat sang paranormal palsu itu, karena benar-benar sesuai menggambarkan diri Anda. Padahal, siapapun yang cukup terlatih akan bisa melakukan hal tersebut. Psikolog yang cukup terlatih juga akan mampu melakukan hal yang sama.
Berbeda dengan paranormal palsu, mereka yang merupakan paranormal asli, tidak memerlukan observasi atau wawancara terhadap Anda.